Pemodelan pengurangan populasi a la Thanos dalam film Avengers: Infinity War

Authors

  • Muhammad Rizki Fadillah Institut Teknologi Bandung
  • Septiana Septiana Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.5

Keywords:

Infinity War, Logistik, Populasi, Thanos

Abstract

Pada akhir film Avengers: Infinity War, tokoh antagonis utama film tersebut, Thanos, berhasil memperoleh enam batu yang disebut Infinity Stones yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan akhir yakni memusnahkan sebagian populasi makhluk hidup di dunia supaya makhluk hidup yang tersisa dapat hidup dengan sumber daya yang melimpah, bahagia, dan terbebas dari kelaparan dan perang. Pada makalah ini akan dimodelkan bagaimana dinamika populasi manusia jika kejadian pemusnahan populasi manusia oleh Thanos benar-benar terjadi dengan menggunakan asumsi-asumsi sebagai berikut: laju populasi manusia mengikuti model logistik dan pemusnahan populasi dilakukan jika populasi manusia sudah mencapai (1-α)100% dari carrying capacity planet Bumi. Selain dengan menggunakan model logistik, akan digunakan simulasi dengan random number untuk memodelkan peluang pemusnahan setiap individu yang bersifat saling bebas dengan ekspektasi 0.5. Kemudian, akan dimodelkan untuk keadaan dari pada memusnahkan sebagian populasi makhluk hidup, Thanos memilih untuk meningkatkan carrying capacity dengan kekuatan Infinity Stones yang dimilikinya jika populasi manusia mencapai (1-α)100% dari carrying capacity planet Bumi.

References

N. Bacaër. “A Short History of Mathematical Population Dynamics”. London: Springer-Verlag. 2011. pp. 35-36.

A. Tsoularis and J. Wallace. “Analysis of Logistic Growth Models”. Mathematical Biosciences 179. pp. 21-55. July 2002.

Worldometers. “World Population Clock”. Diakses di http://www.worldometers.info/world-population/ pada Januari 2019.

B. Pengra. “One Planet, How Many People? A Review of Earth’s Carrying Capacity”. UNEP Global Environmental Alert Service (GEAS). 2012.

D. Kalman. “A Discrete Approach to Continuous Logistic Growth”. Joint Math Meetings, Atlanta, 2017.

R. Walpole, R. Myers, S. Myers, and K. Ye. “Probability & Statistics for Engineers & Scientists Ninth Edition”. Boston: Pearson. 2012. pp.187-188.

Downloads

Published

2019-03-13