Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri dan Bilangan dalam Permainan Gobak Sodor

Authors

  • Ayyidatul Imaniyah STKIP PGRI Pasuruan
  • Ratna Zuroida STKIP PGRI Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.96

Keywords:

Etnomatematika, Permainan Gobak Sodor, Geometri, Bilangan

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai eksplorasi etnomatematika konsep geometri dan bilangan dalam permainan gobak sodor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur matematika dalam permainan gobak sodor yang difokuskan pada konsep geometri dan bilangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjunjukkan bahwa unsur-unsur matematika yang terkandung dalam permainan gobak sodor meliputi konsep geometri, seperti bangun datar, pergeseran (translasi), pencerminan (refleksi), hubungan antar garis, dan kekongruenan. Di samping itu, materi matematika lain yang ada dalam permainan ini yaitu konsep bilangan yang meliputi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Unsur etnomatematika dalam permainan gobak sodor dapat ditinjau berdasarkan arena permainan, jumlah pemain dan pembagian tugas, serta aturan main dan penskoran permainan gobak sodor. Pada arena permainan gobak sodor, unsur-unsur matematika yang dapat dilihat melalui bentuknya adalah bangun datar, operasi pembagian dan perkalian, pencerminan (refleksi), hubungan antar garis, dan kekongruenan. Jika ditinjau dari jumlah pemain dan pembagian tugasnya, unsur-unsur matematika yang ada dalam permainan gobak sodor adalah operasi pembagian dan pengurangan. Sedangkan, pada aturan main dan pencatatan skor permainan gobak sodor, unsur-unsur matematika yang dapat digali adalah pergeseran (translasi) dan operasi penjumlahan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan gobak sodor juga mampu meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik. Melalui adanya penelitian ini, pendekatan etnomatematika disarankan dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah.

References

M. S. Noto, S. Firmasari, dan M. Fatchurrohman, “Etnomatematika pada Sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika di Sekolah,” j. pendidik. ris. mat, vol. 5, no. 2, hlm. 201–210, Nov 2018.

I. Rachmawati, “Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo,” vol. 1, no. 1, 2012.

M. Kholil dan F. Apriyono, “Identifikasi Konsep Matematika dalam Permainan Tradisional di Kampung Belajar Tanoker Ledokombo Jember,” Indonesian Journal of Islamic Teaching, vol. 1, no. 1, hlm. 62–62, Jun 2018.

I. A. S. Ekayati, “Pengaruh Permainan Tradisional ‘Gobag Sodor’ terhadap Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal pada Anak Usia Dini,” vol. 13, no. 3, hlm. 10, 2015.

E. D. Aprilia, D. Trapsilasiwi, dan T. B. Setiawan, “Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar,” KadikmA, vol. 10, no. 1, hlm. 85–94, Apr 2019.

Sujarno, S. Galba, Th. A. Larasati, dan Isyanti, Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNP), 2011.

“Permainan Tradisional: Gobak Sodor (Galasin/Cak Bur/Margala) – Rumah Anak Mandiri.” [Daring]. Tersedia pada: http://www.anakmandiri.org/2016/11/29/permainan-tradisional-gobak-sodor-galasincak-burmargala/. [Diakses: 05-Jan-2020].

A. M. Abi, “Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah,” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), vol. 1, no. 1, hlm. 1–6, Apr 2017.

D. C. Alexander dan G. M. Koeberlein, Elementary Geometry for College Students, 6th ed. USA: Cengage Learning, 2014.

A. Riyanto, “Pengembangan Garis Lapangan Portabel Gobak Sodor pada Pembelajaran Permainan Tradisional di SD Negeri Sendangadi 1 Mlati Kabupaten Sleman,” Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

F. S. Sirate, “Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar,” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, vol. 15, no. 1, hlm. 41–54, Jul 2012.

E. Nur’aeni, M. R. W. Muharram, dan S. Sriwianti, “Didactical design of mathematics teaching based on gobak sodor traditional games in primary school,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1318, hlm. 012015, Okt 2019.

M. Khoiri, “Pembelajaran Matematika dengan Aktivitas yang Banyak Permainan dan Menyenangkan,” Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, vol. 7, no. 1, hlm. 31–35, Feb 2018.

Published

2020-05-12