Berpikir Koneksi Kreatif Melalui Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Authors

  • Hery Suharna HS

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.60

Keywords:

Berpikir koneksi, menyelesaikan masalah, koneksi kreatif

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tentang koneksi matematis kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Permasalahan atau kesulitan mahasiswa yang sering terjadi pada saat menyelesaikan masalah matematika yaitu: (1) Mahasiswa mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep-konsep matematika pada struktur berpikir, (2) mahasiswa tidak membuat koneksi matematika kaitannya dengan aplikasi matematika, karena mereka tidak pernah diajarkan bagaimana aplikasi matematika, (3) Menyelesaikan masalah matematika merupakan sarana dalam melatih koneksi matematis. NCTM menyatakan tentang pentingnya koneksi dalam matematika yaitu pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections), dan representasi (representation). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pemilihan subjek penelitian berdasarkan pada karakter berpikir koneksi kreatif matematika. Hasil penelitian menemukan bahwa berpikir koneksi kreatif matematis yaitu berpikir yang diawali dengan ketidaklengkapan struktur berpikir dengan struktur masalah. Proses refleksi untuk menyesuaikan struktur masalah yang dimiliki dan selanjutnya melakukan koneksi yang bersifat Kreatif untuk menemukan penyelesaian masalah matematika dengan dipengaruhi oleh proses refleksi ketika menyelesaikan masalah matematis

Author Biography

Hery Suharna, HS

HS

References

Krulik, S., Rudnick, J., dan Milou, E. 2003. Teaching Mathematics in Middle School A Practical Guide. Boston.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teacher Mathematics, Inc.

Hiebert, J. & Carpenter, T. P. (1992). Learning and Teaching with Understanding. In D. Grouws, (Ed.), Handbook of Research on

Slavin, R. 2006. Educational Psychology Theory and Practice. Eighth Edition. New York. Pearson.

Solso, Robert. L. 1995. Cognitive Phsicology. 6-th Edition. Allyn and Bacon. Boston.

Susanti, E. 2013. Proses koneksi produktif dalam Penyelesaian Masalah Matematika. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementian Agama RI. Jakarta.

Suharna, Hery. 2012. Reflective Thinking In Problem Solving Student Looking Back On Stage. Makalah disajikan dalam seminar Internasional Confererence On Applied Mathematics and Education, Sabtu 6 Oktober 2012. UIN Yogyakarta.

Suharna, Hery. 2012. Berpikir Reflektif Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Sabtu, 10 November 2012. UNY. Yogyakarta.

Suharna, Hery. 2012. Reflective Thinking Pre-Service Teachers In Learning International Seminar “Be The Leading Entity In Education”. Faculty Of Teacher Training And Education. Satya Wacana Christian University. Salatiga, Central Java, Indonesia. June 27th-28th, 2012.

Published

2020-05-12