Peningkatan prestasi belajar matematika pada materi pecahan menggunakan kertas lipat

Authors

  • Ashma Nur Hanifah Putri Heninda Universitas Negeri Yogyakarta
  • Naila Hayu Azizah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.38

Keywords:

Alat Peraga, Kertas Lipat, Pecahan, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Perkembangan IPTEK pada era globalisasi sangat pesat, tetapi menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahwa di Indonesia belum dapat mengikuti perkembangan IPTEK dikarenakan pemahaman terhadap suatu ilmu yang masih kurang maksimal. Salah satunya adalah matematika. Ilmu matematika bersifat abstrak, oleh karena itu diperlukan bantuan untuk mengkontruksi ilmu matematika tersebut. Siswa kelas IV SDN Sayidan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pecahan. Hal itu dikarenakan berdasarkan fakta dalam pembelajaran hanya terjadi komunikasi satu arah dari guru saja, selain itu berdasarkan pengamatan terdapat 75% siswa yang belum mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Sehingga diperlukan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi suatu permasalahan atau memperbaiki suatu pembelajaran di dalam kelas. Dengan menggunakan alat peraga matematika siswa dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pecahan. Alat peraga matematika yang digunakan adalah kertas lipat karena mudah didapatkan dan mudah digunakan. Alat peraga kertas lipat akan memberikan gambaran kepada siswa dan mampu memberikan kreativitas bagi siswa. Hasil penelitian ini dilihat dari nilai siswa sesudah menggunakan alat peraga tersebut. Sebanyak 6 orang siswa dari 8 siswa kelas IV SDN Sayidan mampu menguasai materi pecahan dengan bantuan alat peraga kertas lipat, dengan persentase sesuai standar sekolah yaitu siswa mencapai ≤ ??% nilai siswa mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM).

References

Aqib, Z. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Yiama Widya

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 2, September 2014: ISSN: 2355-4185.

Hopkins, D.1993. A Teacher‟s Guide to Classroom Research. Buckingham: Open University Press.

Masduki, Lusi Rachmiazari. 2018. Peran Pengelolaan Pendidikan Matematika Guna Meningkatkan Kinerja Guru Profesional. Makalah Disajikan pada Lomba dan Seminar Matematika XXVI: Harmonisasi Matematika dalam Membangun Bangsa. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Februari 2018.

Mills, G.E. 2000. Action Reseach: A Guide for the Teacher Reseacher. Columbus: Merrill, An Imprint of Prentice Hall.

Peaget. 1979. How children learn mathematics. Second Edition http://books.google.co.id/books/about/How_children_learn_mathematics.html?id=lvcpAQAAMAAJ&redir_esc=y. diakses tanggal : 20 Desember 2018.

Wardhani, IGAK; Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (hlm 2.4-2.5). Buku Materi Pokok. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-03-13