Pengembangan media pembelajaran berbantuan software lectora inspire pada materi permutasi dan kombinasi

Authors

  • Reza Rizaldy P Universitas Jember
  • Hobri Hobri Universitas Jember
  • Dafik Dafik Universitas Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.37

Keywords:

Lectora Inspire, Media Pembelajaran, Google Classroom

Abstract

Kecanggihan teknologi dan informasi perlu dikembangkan dalam pendidikan. Pemanfaatan perkembangan teknologi diharapkan mampu mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan, termasuk matematika. Lectora inspire dikenal sebagai pembuat media pembelajaran. Lectora sebagai media pembelajaran interaktif di dalamnya memuat kategori tutorial, drill and practice, dan simulasi.  Lectora menyampaikan informasi atau pesan berupa suatu konsep yang disajikan di layar komputer dengan menggunakan teks, bagan, dan atau grafik. Model yang digunakan adalah model ADDIE yang merupakang singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Uji kefektifan diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media, dan uji kepraktisan media berasal dari angket respon peserta didik tentang media yang digunakan. Pada tahap evaluasi ini dari data yang didapatkan disekolah dan validasi perangkat dilakukan analisis kriteria kevalidan, kepraktisan, keefektifitasannya. Hasil validasi buku nilai rata-rata keseluruhan yaitu 4,59 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil nilai rata-rata keseluruhan kategori efektif dalam angket respon pengguna yaitu 3,9 dan secara persentase sebesar 79,6 %. Hasil penelitian kategori praktis menunjukan 24 dari 30 siswa tuntas atau dalam persentase sebesar 80% dari siswa telah tuntas materi permutasi dan kombinasi sehingga dari presentasi itu dapat dikategorikan sangat baik dan dikatakan efektif.

References

Hobri, J Safitri, E Nazareth, dan Susanto. 2018. Students’ collaborative ability in learning geometry transformation using a scientific approach based on learning community. Journal of Physics. The 6th South East Asia Design Research International Conference (6th SEA-DR IC). [2] R. M. Fanani, Dafik and Arif Fatahillah, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Edmodo Berbantuan Software Geogebra pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Kadikma, vol. VIII, no. 2, pp. 78-85, 2017.

Wibawa, Setyo C, Rina Harimurti, Yeni Anistyasari, dan Meini Sondang Sumbawati. 2017. The Design And Implementation Of An Educational Multimedia Interactive Operation System Using Lectora Inspire. Elinvo Journal, Universitas Negeri Surabaya, Volume 2, Nomor 1, Mei 2017, hal 74-79.

Dafik, Hobri, M Tohir, dan Z Abidin. 2018. Students creative thinking skills in solving two dimensional arithmetic series through research-based learning. Journal of Physics. ICCGANT.

Hobri, Suharto, A R Naja. 2018. Analysis of students’ creative thinking level in problem solving based on national council of teachers of mathematics. Journal of Physics. ICCGANT.

Murtikusuma, R P. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Jurnal Saintifika. Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Jember Volume17, Nomor 2, Desember 2015, hlm. 20–33.

Akbarini, N R, Weidy Murtini, Andre N Rahmanto. 2018. The Effect Of Lectora Inspire-Based Interactive Learning Media In Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi. UNY, Volume 8, Nomor 1, Februari 2018, hlm. 78–87.

Faruk, Alfensi. 2014. Development Of Interactive Learning Media Based Lectora Inspire In Discrete Method Course. Proceeding of International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences 2014. UNY, 18 Mei 2014.

Domingo, Marta Gomez, Antoni Badia Gargant. 2016. Exploring the use of educational technology in primary education:Teachers' perception of mobile technology learning impacts and applications' use in the classroom. Computers in Human Behavior 56 (2016) 21e28

Martin, Florence, Jeffrey Ertzberger. 2016. Here and now mobile learning: An experimental study on the use of mobile technology. Computers & Education 68 (2013) 76–85

Oktavianingtyas, Ervin, Fadilah Safinatu Salamah, Arif Fatahillah, Lioni Anka Monalisa. 2018. Development 3D Animated Story as Interactive Learning Media with Lectora Inspire and Plotagon on Direct and Inverse Proportion Subject. MISEIC 2018. Journal of Physics: Conference Series 1108 (1), 012111

Downloads

Published

2019-03-13