Pendefinisian dan Beberapa Teorema Terkait Generalisasi dari Definite Additive Integral dan Definite Multiplicative Integral

Authors

  • Muhammad Fatkhurrohman Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v10i2.354

Keywords:

Definite Additive Integral, Definite Multiplicative Integral, Generalisasi

Abstract

Pada dasarnya, definite additive integral dan definite multiplicative integral adalah tipe definite integral yang memuat integral sebagai operator linear terhadap berturut-turut operasi penjumlahan dan operasi perkalian. Kedua tipe definite integral tersebut memiliki posisi integrand dan diferensial yang cukup rigid, sehingga seringkali tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa persoalan integral dengan posisi integrand dan diferensial yang lebih kompleks dan beragam. Penelitian ini hadir untuk menjawab persoalan tersebut dengan membahas pengembangan (berupa generalisasi) dari definite additive integral dan definite multiplicative integral. Pengembangan tersebut meliputi pendefinisian, beberapa teorema yang dapat diperoleh, dan beberapa contoh penggunaan pada berbagai persoalan.

References

Slavik, A. (2007). Product Integration, Its History and Applications. Prague: Matfyz Press.

Bashirov, A. E., Kurpinar, E. M., Ozyapici, A. (2008). Multiplicative Calculus and Its Applications. Journal of Mathematics Analysis and Applications, 337, 36–48.

Bashirov, A. E., Kurpinar E. M., Tandogdu, Y., Ozyapici, A. (2011). On Modeling with Multiplicative Differential Equations. Applied Mathematics-A Journal of Chinese Universities, 26(4), 425–438.

Published

2024-03-18