Pengaruh penggunaan metode 3 IN 1 pada pembelajaran matematika SMK

Authors

  • Endar Chrisdiyanto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Aji Pangestu Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.35

Keywords:

metode pembelajaran, 3 in 1, SMA N 1 Jogonalan

Abstract

Di dalam dunia pendidikan seorang tenaga pendidik (guru) memiliki peranan yang penting dalam menentukan pendidikan. Demi tercapainya sebuah tujuan dari sistem pendidikan di Indonesia maka perlu diciptakannya guru-guru profesional, yaitu seorang guru yang memiliki beberapa kompetensi profesionalitas seperti: sifat kepribadian yang luhur, penguasaan bidang studi, menguasai metode pengajaran, memiliki keterampilan mengajar dan keterampilan lain di bidang pendidikan. Untuk mencapai tujuan dari pembelajaran, seorang guru harus menguasai metode dalam pembelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencapai tujuan dari pembelajaran, untuk membuat pembelajaran menyenangkan dan meningkatkan tingkat kepahaman siswa terhadap materi yang diiajarakan oleh guru.  Metode yang dikembangkan disini yaitu metode pembelajran 3 in 1. Metode ini terbagi dalam tiga tahapan yaitu ceramah/penjelasan, diskusi kelompok dan game. Metode ini sesuai dengan karakter siswa kelas x dimana siswa pada masa ini merupakan masa perubahan pola berpikir siswa dari konkrit ke abstrak. Metode ini digunakan karena sesuai dengan karakter siswa kelas x dan penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jogonalan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development. Subyek penelitian yang digunakan yaitu metode pembelajaran dan untuk obyeknya adalah siswa kelas X. Hasil dari penggunaan metode ini dilihat dari hasil ulangan mata pelajaran matematika yang mengalami penigkatan yang cukup baik dari sebelumnya. Selain itu juga dengan metode ini membuat pembelajaran menyenangkan, sesuai karakter siswa dan sesuai dengan kemajuan  perkembangan anak jaman sekarang. 

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1989). Educational Research : An Introduction (Fourth Edition). Newyork and London : Longman Inc.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Lepper, M.R. & Malone, T.W. (1987). Intrinsic motivation and instructional effectiveness in computer-based education. In R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.), Aptitude, Learning and Instruction Vol: 3 (pp. 255-286). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Sadiman, Arief S., dkk. (2005). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana. Kusnandar, Ade; dkk. (2007). Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suryanih. 2011. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dan Solusinya denganPembelajaran Remidial. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jakarta: Universitas IslamNegeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2019-03-13