Desain perangkat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis kemampuan pemahaman matematis

Authors

  • Muhammad Rizqi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.33

Keywords:

DDR, Perangkat pembelajaran, Pendekatan pendidikan matematika realistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang telah didesain valid dan layak digunakan pada pembelajaran berupa modul, LKS, dan RPP . Metode desain yang digunakan adalah Didactical Design Research (DDR), melalui tiga tahap yaitu Tahap 1: Analisis Situasi Didaktis Sebelum Pembelajaran, Tahap 2: Analisis Metapedadidaktis dan Tahap 3: Analisis Retrospektif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VII. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Validasi Perangkat pembelajaran dan Observasi serta teknik pengolahan datanya yaitu hasil validasi para ahli. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu validator 1 yaitu 90% dengan kriteria Valid, Validator 2 yaitu 81% dengan kriteria cukup valid dan Validator 3 yaitu 95% dengan kriteria Valid sedangkan hasil validasi para ahli keseluruhan yaitu 88,67% yang berarti perangkat pembelajaran berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi bilangan bulat sudah sesuai dan mampu membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran sehingga dapat digunakan pada pembelajaran di kelas. Adapun penelitian ini hanya sampai tahap validasi perangkat pembelajaran yang kelak akan dilanjutkan pada penelitian selanjutnya ke tahap implementasi sampai tahap evakuasi dan publikasi.
 
 

References

Afghani, J. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardana, I.M. 2007. “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika Regional Bali, 26 Nopember 2007 di Undiksha Singaraja.

Daryanto dan Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, Titik, dan Arika. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP.

Faisal, A. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VII SMP.

Handayani, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis.

Marpaung, Y. 2006. “Apa itu PMRI?”. Makalah disampaikan dalam pelatihan guru kelas di P4TK Matematika Yogyakarta 4-6 Januari 2006.

Murdani, Rahmah, dan Turmudi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe.

Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alvabeta.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 3-12).

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wayan, Nyoman dan Made. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja.

Yusuf, Zulkardi dan Trimurti (2009) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2). pp. 48-56. ISSN 1978-0044.

Zarkasyi, W. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2019-03-13