Efektivitas modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis

Authors

  • Muhammad Rizqi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.32

Keywords:

Modul, Pendekatan pendidikan matematika realistik, Kemampuan pemahaman matematis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan untuk mengingat dan kurang paham dalam mempelajari matematika khususnya pada materi bilangan bulat, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika kedalam situasi kehidupan nyata, peserta didik kurang mengetahui keterkaitan antara materi yang akan dipelajari dengan keadaan atau benda-benda dalam kehidupan sehari-hari, saat proses pembelajaran tidak ada modul khusus yang mengaitkan materi bilangan bulat dengan kehidupan nyata peserta didik, selama proses pembelajaran berlangsung tidak menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik sehingga peserta didik tidak terbiasa mengaitkan pengalaman kehidupan sehari-harinya dengan materi pembelajaran yang sedang dan telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas modul dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Modul, RPP, kisi-kisi, soal pretest dan posttest serta subjeknya penelitiannya merupakan peserta didik kelas VII di MTS Islamic Center Cirebon. Adapun modul tersebut digunakan selama proses pembelajaran berlangsung, didalam buku tersebut telah terdapat latihan soal yang sesuai dengan indikator pemahaman matematis siswa sehingga dengan menggunakan modul tersebut selama proses pembelajaran akan memberikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peningkatan dari pembelajaran ke 1, 2, 4 dan 5, antara lain sebagai berikut hasil pengamatan keaktifan siswa selama apersepsi pada pembelajaran ke 2 sebesar 66,66% dan pembelajaran ke 4 sebesar 95,83%, terjadi peningkatan sebesar 29,17 %, hasil pengamatan keaktifan siswa selama pembelajaran pada pembelajaran ke 2 sebesar 75% dan pembelajaran ke 4 sebesar 95,83%, terjadi peningkatan sebesar 20,83%, hasil pengamatan terhadap keaktifan/peran siswa dalam kelas selama pembelajaran pada pembelajaran ke 2 sebesar 75% dan pembelajaran ke 4 sebesar 91,67%, terjadi peningkatan sebesar 16,67%, hasil pengamatan Prestasi belajar (Nilai 65) siswa dalam kelas selama pembelajaran pada pembelajaran ke 1 (Pretest) sebesar 4,17% dan pembelajaran ke 5 (Postest) sebesar 95,83%, terjadi peningkatan sebesar 91,66%, dan perolehan hasil uji gain menunjukan interpretasi efektivitas tinggi sebanyak 18 peserta didik dan yang memperoleh interpretasi efektivitas rendah sebanyak 6 peserta didik. Sedangkan rata-rata pretest dan postest menunjukan interpretasi efektivitas tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat dikatakan efektif.
 

References

Daryanto dan Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gazali, R. Y. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 11. No. 2. Hal. 182-192.

Murdani, Rahmah, dan Turmudi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. [6] Zarkasyi, W. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2019-03-13