Peningkatan hasil belajar matematika kerucut melalui sistem kelas IX-D SMP Patra Dharma 2 Balikpapan

Authors

  • Wahyuni Awal Sejati SMP Patra Dharma 2 Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.31

Keywords:

Hasil belajar, Kreativitas, Kerucut, STEM

Abstract

Guru memegang peran penting untuk dapat mendesain proses pembelajaran bermakna dan menarik sehingga proses pembelajaran matematika lebih menyenangkan, memotivasi, meningkatkan minat belajar, dan siswa lebih mudah memahami konsep-konsep matematika. Pada era revolusi industri 4,0 guru dapat memperkaya wawasan untuk menggunakan dan memanfaatkan media (elektronik) dalam proses pembelajaran, dan mampu berpikir lintas disiplin ilmu pengetahuan. STEM adalah pendekatan interdisipliner menuntut siswa mampu menganalisa dan berpikir kreatif dalam mengolah data dan menyelesaikan suatu masalah di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru mata pelajaran sebagai peneliti bersama teman sejawat sebagai observer. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas IX-D SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Data hasil belajar diperoleh melalui lembar observasi sikap kreativitas dan lembar kerja kemampuan berpikir kreatif. Peningkatan hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar, lembar pekerjaan dan lembar penilaian diri sedangkan peningkatan sikap kreativitas diamati melalui lembar pengamatan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX-D semester I tahun pelajaran 2018/2019. Tindakan yang dilakukan menerapkan pembelajaran berbasis STEM materi kerucut. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa; lembar observasi pelaksanaan pembelajaran berbasis STEM, angket respon siswa, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata hasil belajar siswa meningkat dari siklus I (63,03) dengan ketuntasan 45,16% ke siklus II (77,42) dengan ketuntasan belajar sebesar 82,32%. Dari hasil analisis didapatkan bahwa sikap kreativitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I (50,27%) ke siklus II (61,31%). Pembelajaran matematika berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan kreativitas siswa.

References

Alexander, “Effect Instruction in Creative Problem Solving on Cognition, Creativity, and Satisfaction among Ninth Grade Student in an Introduction to World Agricultural Science and Technology Course”, 2007, Texas Tech University. (references) [2] Arikunto, S, “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,” 2013, Jakarta : Bumi Aksara.

Ismayani Ani, “Pengaruh Penerapan STEM Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK,” Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 3 Nomor 4 Tahun 2016.

Munandar, U, “Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat,” Cetakan 3, Jakarta : Rineka Cipta. [5] Pehnoken, E, The State-of-Art in Mathematical Creativity. “Zentralblatt fur Didaktik der Mathematik (ZDM)-The International Journal of Mathematics Education,” 29(3),63-67, 1997.

Downloads

Published

2019-03-13