Implementasi Algoritma Dijkstra dalam Menentukan Rute Terpendek Terhadap Destinasi Wisata Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Moch Abdul Aziz Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v7i1.304

Keywords:

Algoritma Dijkstra, Destinasi Wisata Bojonegoro, Rute Terpendek

Abstract

Bojonegoro merupakan daerah yang mempunyai cukup banyak destinasi wisata dan diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Adanya banyak destinasi membuat wisatawan yang berkunjung perlu mempertimbangkan efisiensi waktu untuk menuju objek-objek wisata tersebut sehingga memerlukan informasi jalur/rute terpendek ketika melakukan perjalanan. Penentuan rute terpendek pada pencarian objek wisata di Kabupaten Bojonegoro dalam penelitian ini menggunakan \ Algoritma Dijkstra. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dan pengumpulan data. Studi literature dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian melalui referensi seperti buku, jurnal, artikel, dan juga pencarian di situs internet. Pengumpulan data dilakukan untuk menghimpun dan menganalisa data seperti informasi destinasi wisata yang terdapat di Bojonegoro. Pada penelitian ini didapatkan bentuk graf yang berdasarkan data awal. Titik-titik yang digunakan untuk penelitian yang mana titik tersebut akan diasumsikan sebagai titik awal serta destinasi wisata dan sisi merupakan suatu jarak dari setiap titik. Setelah dilakukan penelitian didapatkan 11 rute terpendek yang dapat dilalui saat menuju ke destinasi wisata dari titik awalnya adalah terminal Bojonegoro.

References

D. Ardana and R. Saputra, “Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang,” Skripsi Jur. Ilmu Komputer, Fak. Sains Dan Mat. Univ. Diponegoro, no. Snik, pp. 299–306, 2016.

Marlim, Y. N., Jollyta, D., & Saputra, F. (2020). Analisis Sistem Jalur Terpendek Menggunakan Algoritma Djikstra dan Evaluasi Usability. J. Edukasi dan Penelit. Inform, 6(1), 54-60.

Nawagusti dkk. 2018. Penentuan Rute Terpendek pada Optimalisasi Jalur Pendistribusian Barang Di Pt. X dengan Menggunakan Algoritma FlodyWarshall. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri, 3 Februari 2018, 2085-4218.

Septemuryantoro, S. A. (2021). Potensi Desa wisata sebagai alternatif destinasi wisata new normal. Media Wisata, 19(2), 186-197.

Sudana, I. P. (2016). PENGEMASAN PAKET WISATA CITY TOUR BERBASIS BUDAYA DI KOTA DENPASAR BALI I Wayan Gede Ary Mahendra Putra I Made Kusuma Negara Puri Pemecutan memiliki keunikan pada arsitekturnya yang bergaya traditional Bali. 4(1), 6–12.

Published

2023-03-24