Spatial Autoregressive Panel Data Pada Indeks Pembangunan Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Fitri Nafidah Universitas Sebelas Maret
  • Sri Subanti Universitas Sebelas Maret
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v7i1.303

Keywords:

IPM, Spatial Autoregressive Model, Rook Contiguity, Spasial Data Panel

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan suatu tolak ukur perbandingkan antara angka harapan hidup (AHH), angka harapan sekolah (AHS), rata-rata lama sekolah (RLS), dan pengeluaran per kapita. Analisis statistika yang tepat untuk menggambarkan data time series dan data cross section pada beberapa variabel independen dengan pengaruh spasial adalah analisis spatial regresi panel data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan metode analisis spatial autoregresi panel data fixed effect dengan pembobot rook contiguity. Variabel - variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM), persentase penduduk miskin, PDRB per kapita atas dasar harga berlaku, pengeluaran per kapita, dan rata - rata lama sekolah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh spasial pada data dengan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap model yaitu pengeluaran per kapita dan rata - rata lama sekolah dengan nilai AIC sebesar -15.3685 dan nilai R2 sebesar 99%.

References

W. Aisyah, “Pemodelan Spatial Autoregressive Panel Data dengan Pembobot Queen Contiguity dan Rook Contiguity untuk Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Tengah,” dalam Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2019.

L. Anselin, Spatial Econometrics: Methods and Models, Dordrecth: Kluwer Academic Publishers, 1988.

R. E. Caraka dan H. Yasin, Spatial Data Panel, Ponorogo: Wade Group, 2017.

A. Maulan dan K. Suryowat, “Spasial Panel Random Effect untuk Indeks Pembangunan Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta,” Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, pp. 33-40, 2019.

S. Yulianti, Y. widyaningsih dan S. Nurrohmah, “Spatial panel data model on human development index at Central Java,” Journal of Physics: Conference Series, 1722(1), 2021. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012090

T. F. Diputra, K. Sadik dan Y. Angraini, “Pemodelan Data Panel Spasial dengan Dimensi Waktu dan Ruang,” Indonesian Journal of Statistics, pp. 6-14, 2012.

R. M. Bala dan E. M. Prada, “Migration and Private Consumption in Europe; a panel data analysis,” Procedia Economics and Finance, pp. 141-149, 2014.

A. T. Prasanti, T. Wuryandari dan A. Rusgiyono, “Aplikasi Regresi Data Panel untuk Pemodelan Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah,” Jurnal Gaussian, pp. 687-696, 2015.

B. H. Baltagi, Econometrics (4th ed), Verlag Berlin Heidelberg: Springer, 2008.

Yarni, R. Wasono dan M. A. Haris, “Pemodelan Spasial Data Panel dengan Pembobot Rook Contiguity Pada Data Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Tengah,” dalam Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, 2018.

Published

2023-03-24