Mengembangkan motivasi belajar matematika melalui media permainan kabar pikachu

Authors

  • Khoirin Nida Fitria Universitas Muria Kudus
  • Fitri Rachmawati Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.30

Keywords:

Kabar Pikachu, Pembelajaran Matematika, Media Permainan, Motivasi Belajar

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran dasar di setiap jenjang pendidikan formal yang memegang peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Bagi sebagian besar siswa, matematika merupakan materi yang dianggap sulit, aksiomatis dan berasal dari hal-hal yang abstrak, salah satunya pada materi bangun ruang akibatnya siswa kurang termotivasi terhadap pembelajaran matematika. Rendahnya motivasi belajar siswa ini berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi yang lebih dalam belajar. Guru sebagai sebagai salah satu komponen pemangku kepentingan pendidikan harus mampu berpikir secara kreatif dan inovatif untuk mengembangkan motivasi belajar siswa. Guru harus membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih aktif dengan menggunakan media sehingga peserta didik lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan sebuah media permainan yang mampu menciptakan kegiatan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan mengandung unsur edukatif. Salah satu media permainan yang digunakan guru untuk mengembangkan motivasi siswa adalah dengan menggunakan permainan Kabar Pikachu (Kartu Bangun Ruang Pintar Matematika). Kabar Pikachu (Kartu Bangun Ruang Pintar Matematika) adalah media permainan kartu bergambar yang memudahkan siswa memahami konsep sifat-sifat bangun ruang dengan berbasis etnomatematika dimana dalam kartu tersebut berisi tentang budaya yang ada di Indonesia (rumah adat, makanan tradisional, permainan tradisional) yang dikaitkan dengan sifat sifat bangun ruang

References

Assyauqi. (2009). Pengembangan Media Pem-Belajaran Dalam Bentuk Permainan Ber-Gambar Berbantuan Komputer Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Barabai Kelas VIII. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Danim, Sudarwan., 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta

Denissen, J. J. A., Zarrett, N. R., & Eccles, J. S. (2007). I like to do it, I'm able, and I know I am: Longitudinal couplings between domain-specific achievement, self- concept, and interest. Child Development, 78,

Fadhilah & Budiyono. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang Mengunakan Media Bangun Ruang Multiwarna Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Heruman, (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.

Heruman. (2009). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press

Montessori, M. 2004. The Origins of an Educational Innovation. Oxford: Rowman & Littlefield.inc

Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya: Surabaya Intelectul Club.

Naylor, M. (2004). Math Is In The Cards. Proquest educational journals, 3, (1), 38-39.

Piu, A. & Fregola, C. (2011). Simulation and Gaming for Mathematical Education: Epistemology and Teaching Strategies. Hersey PA: IGI Global

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Bandung : Adicita.

Rahmawati. (2012). Pengaruh media kartu bergambar terhadap motivasi dan hasil belajar pecahan di SD Negeri Murung Sari 1 A Muntai. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakrata.

Ruseffendi.1993. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Pendidikan Kependudukan.

Santrock, J.W. (2009). Psikologi pendidikan. Educational psychology (Edisi Ketiga Buku I) (Terjemahan Diana Angelica). New York: McGraw-Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2008).

Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana & Rivai. (2010). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suyadi. (2009). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books(Ihdina).

Van De Wall, John A. 2006. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta:Erlangga.

Zemliansky, P. & Wilcox, D. M., (2010). Design and impementation of educational games: theoritical and practical perspectives. Pennsylvania: Yurchak Printing Inc.

Downloads

Published

2019-03-13