Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar berbasis interaktif siswa

Authors

  • Lusi Rachmiazasi Masduki Universitas Terbuka Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.29

Keywords:

matematika, sekolah dasar, interaktif siswa

Abstract

Kegiatan studi banding dari sekolah kesekolah lain perlu diadakan, mengingat ada berbagai kebaikan serta kelebihan yang dapat ditiru demi meraih kesuksesan. Sebagai orang tua yang memiliki putra-putri yang masih kecil, tentunya pernah menyaksikan kegiatan pembelajaran di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau di TK (taman kanak-kanak). Pada awal pembelajaran, anak telah dibiasakan dilatih untuk bercerita tentang pengalamannya. Kemampuan anak dalam bercerita dapat berkembang dengan mengkonstruksi pengetahuan yang didapat dari pengalaman. Karakter anak akan tumbuh karena adanya interaksi antar anak ketika dalam proses belajar. Di sisi lain jika dibandingkan dengan pembelajaran di SD (Sekolah Dasar), suasana sudah pasti berbeda. Pada awal masuk kelas, siswa diwajibkan duduk manis, tangan dilipat, mendengarkan guru menjelaskan materi pelajaran. Akibatnya salah satu mata pelajaranya itu matematika hingga saat ini masih banyak siswa yang merasakan kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab, bagaimanakah cara mengajar yang baik agar siswa mudah belajar matematika. Melalui pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) menunjukkan bahwa guru SD perlu kiranya melakukan upaya perbaikan pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan cooperative learning tipe think pair and share. Guru SD dapat berkreasi melalui perbaikan strategi pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswanya, kemampuan berbagi sehingga terbiasa berinteraktif dengan teman. Interaktif antar siswa perlu dilatihkan, dan akan muncul dengan sendirinya apabila guru mampu mengembangkan melalui tugas proyek yang dikemas dalam lembar kerja siswa. Hasil dari pelatihan PTK dapat memotivasi dan menyakinkan guru bahwa interaktif siswa dapat mempermudah siswa untuk lebih cepat memahami materi matematika.

References

Anita, “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” Jurnal al-Shifa, Vol. 06. No. 02, pp 161-180, 2015.

Lickona, Thomas, “Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility,” The Journal of Moral Education. Penerjemah Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Rachmiazasi M, Lusi, “The Research Innovation of Learning Mathematics with an Interactive Compact Disk In An Elementary School As The Introduction Of Distance Learning,” Proceding Th.25 ICDE word conference, 2013.

Roestiyah,“Strategi Belajar Mengajar,” ISBN 978-979-518-171-2. Jakarta. Rineka Cipta, 2008.

Sanjaya, W,“Strategi Pembelajaran,” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Suharsono, “Mencerdaskan Anak Melejitkan Dimensi Moral, Intelektual & Spiritual dalam Memperkaya Khasanah Batin dan Motivasi Kreatif Anak,” ISBN 979-95697-0-1. Depok. Inisiasi Press, 2002.

Suherman, “Strategi Pembelajaran Matematika,” Bandung JIC. UPI, 2001.

Suradi,“Interaksi Siswa SMP dalam Belajar Matematika Secara Kooperatif,” Disertasi Doktor tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya, 2005.

Wipperman, Jean,”Increasing Your Emotional Wholenes,” Penerjemah Winianto. Jakarta. Prestasi Pustakaraya, 2007.

Yakin, Haqqul, “Merancang multi media interaktif,” Qinqua. Wordpress.com. diakses 03 Juni 2013, 2010.

Zaini, H. dkk,”Strategi pembelajaran Aktif,” Yogyakarta: Media Abadi, 2002.

Downloads

Published

2019-03-13