Analisis Jalur Nonparametrik Truncated Spline Pada Pemodelan Pengaruh Migrasi Penduduk Desa

Authors

  • Hafizh Syihabuddin Aljauhar Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v8i2.276

Keywords:

Analisis Jalur Nonparametrik, Angka Kemiskinan, Migrasi Penduduk, Pertumbuhan Ekonomi, Truncated Spline

Abstract

Kemiskinan merupakan hal mendasar yang masih belum tertangani di Indonesia. Salah satu penyebab meningkatnya kemiskinan adalah banyaknya penduduk yang melakukan migrasi. Masyarakat desa berharap dengan bermigrasi akan mendapatkan hidup yang lebih layak sehingga angka kemiskinan bisa menurun. Namun, berpindahnya penduduk desa tersebut malah menimbulkan masalah baru. Kurangnya tenaga kerja untuk mengelola sumber daya alam desa menyebabkan semakin menurunnya pertumbuhan ekonomi di perdesaan. Menaikkan pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu cara untuk menurunkan angka kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh migrasi terhadap angka kemiskinan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui pertumbuhan ekonomi perdesaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengembangan analisis regresi yaitu analisis jalur nonparametrik menggunakan pendekatan truncated spline, karena data yang digunakan tidak memenuhi asumsi linieritas. Penentuan banyaknya knot ditentukan menggunakan scatter plot. Jika terdapat n perubahan pola maka banyaknya knot adalah n-1. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa baik migrasi penduduk desa maupun pertumbuhan ekonomi perdesaan berpengaruh signifikan terhadap angka kemiskinan. Migrasi penduduk desa secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap angka kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi perdesaan. Namun, pengaruh yang dihasilkan tidak selalu positif atau negatif karena model yang digunakan adalah nonparametrik sehingga terbagi menjadi beberaga segmen atau regime. Sedangkan petumbuhan ekonomi perdesaan secara langsung berpengaruh negatif terhadap angka kemiskinan, yang dapat diartikan bahwa pertumbuhan ekonomi perdesaan dapat menurunkan angka kemiskinan.

References

Solimun, Multivariate Analysis – Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amo. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, 2002.

N. R. Draper and H. Smith, “Applied regression analysis,” John Wiley Sons, vol. 326, 1998.

R. Rutherford, D. and M. K. Choe, Statistical Model For Causal Analysis. New York: John Wiley & Sons.Inc, 1993.

Solimun, A. A. R. Fernandes, and Nurjannah, Metode statistika multivariat pemodelan persamaan struktural (SEM) pendekatan WarpPLS. UB Press, 2017.

Solimun, Analisis Multivariat Pemodelan Struktural Metode Partial Least Square- PLS. Malang: CV. Citra, 2010.

R. L. Eubank, Nonparametric Regression and Spline Smoothing. New York: Marcel Bekker. Inc., 1999.

A. Adji, T. Hidayat, H. Tuhiman, S. Kurniawati, and A. Maulana, Pengukuran Garis Kemiskinan di Indonesia : Tinjauan Teoretis dan Usulan Perbaikan. 2020.

Badan Pusat Statistik, Statistik Indonesia 2022. 2022.

M. Arouri, A. B. Youssef, and C. Nguyen, “Does urbanization reduce rural poverty? Evidence from Vietnam.,” Econ. Model., vol. 60, pp. 253–270, 2017.

A. Firmansyah, S. Superman, and G. Bayuardi, “Pengalaman Transmigrasi di Indonesia (Studi Di Desa Olak-Olak, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya),” J. Hist., vol. 6, no. 2, 2018.

H. P. H. Prihanto, “Kebijakan Moratorium Pengiriman Tenaga Kerja ke Luar Negeri dan Dampaknya terhadap Peningkatan Kualitas Pekerja Migran Indonesia.,” J. Paradig. Ekon., vol. 1, no. 7, 2013.

K. M. Noekman and Erwidodo, Migrasi di Pedesaan Jawa. Dinamika Keterkaitan Desa Kota di Jawa Barat: Arus Tenaga Kerja, Barang dan Kapital. PSE Bogor, 1992.

D. Saputra, “Kepala BKFꓽ Pertumbuhan Ekonomi RI Selalu di Atas Capaian Global Selama 20 Tahun Terakhir.,” Bisnis.Com, Dec. 2021.

Harlik, A. Amri, and Hardiani, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah.,” vol. 1, no. 2, pp. 109–120, 2013.

A. M. Ginting and G. P. Dewi, “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Sektor Keuangan terhadap Pengurangan Kemiskinan di Indonesia.,” J. Ekon. Kebijak. Publik, vol. 4, no. 2, pp. 117–130, 2013.

N. P. A. P. Margareni, I. K. Djayastra, and I. M. Yasa, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PROVINSI BALI,” J. Piramida, vol. 12, no. 1, pp. 101–110, 2016.

A. Jonnadi, S. Amar, and H. Aimon, “Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan di Indonesia.,” J. Kaji. Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 140–164, 2012.

S. Kuncoro and A. Riyardi, “Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran dan Pendidikan Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009-2011.,” Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

J. Suprijati and S. R. Damayanti, “PENGENTASAN KEMISKINAN KOTA/DESA 31 PROPINSI DI INDONESIA MELALUI PERTUMBUHAN EKONOMI YANG DIBENTUK DARI PMDN DAN PEKERJA.,” Develop, vol. 6, no. 1, pp. 87–104, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta., 2014.

W. Setyaningsih, P. Kadaryati, and Purwanto, “Analisis Kearifan Lokal pada Novel Kenanga Karya Oka Rusmini dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA.,” J. Surya Bahtera, vol. 6, no. 51, pp. 276–283, 2018.

Published

2023-03-24