Eksplorasi Etnomatematika pada Gamelan Jawa sebagai Media Belajar Matematika

Authors

  • Galang Sumantri Yogyakarta State University
  • Anisa Fatma Kurnia Sari Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v5i1.233

Keywords:

Etnomatematika, Matematika, Gamelan Jawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan gamelan jawa dengan mengeksplorasi etnomatematika sebagai media belajar matematika dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi literatur. Penelitian ini berupa analisis alat musik gamelan jawa yang dijadikan sebagai media belajar matematika khususnya geometri. Dari hasil observasi dan studi literatur diperoleh informasi bahwa terdapat unsur-unsur matematika yang ada pada alat musik gamelan jawa. Unsur-unsur matematika tersebut berupa geometri bidang maupun gometri ruang diantaranya persegi, persegi panjang, lingkaran, trapesium, bola, tabung dan kerucut terpancung. Penelitian ini bermanfaat bagi pendidik serta peserta didik karena dapat membantu pemahaman peserta didik dan memudahkan pendidik dalam pembelajaran matematika terkait geometri.

References

A. Kurniawanto, I. A. Sulistijono, and C. Kusuma W, “Belajar Gamelan Jawa Menggunakan Platform iOS,” Belajar Gamelan menggunakan Platform iOS, 2011.

L. I. Putri, “Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, 2017.

S. Supriyono, W. I. Purwaningsih, and A. F. Saputra, “ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK GAMELAN JAWA,” Math Educa Journal, vol. 5, no. 2, pp. 135–142, 2021.

U. Sidiq, M. Choiri, and A. Mujahidin, “Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan,” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, 2019.

J. W. Creswell, “Penelitian kualitatif & desain riset,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

H. Darmadi, “Metode penelitian pendidikan.” Bandung: alfabeta, 2011.

D. Pariwisata, “Gamelan Jawa, Seni Musik,” http://encyclopedia. jakarta-tourism. go. id, 2018.

A. Luthfi, “GAMELAN SEBAGAI SUBJEK DALAM SENI GAMBAR,” 2016.

Published

2022-04-22