Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem menggunakan metode saving matrix pendistribusian raskin

Authors

  • Erna Wati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dhoriva Urwatul Wustqa Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.21

Keywords:

Bulog, Distribusi, Raskin, Saving Matrix

Abstract

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau disingkat Perum BULOG adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan mengemban tugas publik dari pemerintah menyalurkan beras untuk orang miskin (Raskin). Kasus pendistribusian raskin di kecamatan Temon & Panjatan termasuk kedalam masalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP).

Metode alternatif pemecahan masalah CVRP yang lebih mudah adalah saving matrix. Saving matrix dilakukan dengan membuat suatu matrik yang disebut matrik penghematan selanjutnya membentuk urutan titik distribusi menggunakan metode nearest neighbour yang memberikan jarak terpendek. Tujuan pada penelitian ini yaitu penyelesaian rute optimum pendistribusian Raskin di Kecamatan Temon & Panjatan Kabupaten Kulon Progo dengan metode saving matrix.

Hasil penelitian di Kecamatan Temon diperoleh 4 rute dari 15 rute saat ini dan total jarak tempuh truk sejauh 63,85 km dari 159 km dengan total raskin yang di alokasikan sebanyak  23.920 kg. Di Kecamatan Panjatan diperoleh 6 rute dari 11 rute saat ini dan total jarak tempuh truk sejauh 89,3 km dari 173,4 km dengan total raskin yang di alokasikan sebanyak 37.860 kg. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penyelesaian rute terpendek pendistribusian Raskin di Kecamatan Temon dan Panjatan menggunakan metode saving matrix lebih optimal jika dibandingkan dengan rute yang digunakan saat ini.

References

Bulog. 2018. “Sekilas Raskin(Beras untuk Rakyat Miskin)”. Artikel di akses dari http://www.bulog.co.id/ pada Selasa, 11 September 2018.

Bulog. 2018. “Alur Distribusi Raskin/Rastra”. Artikel di akses dari http://www.bulog.co.id/ pada Selasa, 11 September 2018.

Chopra, Sunil dan Meindl Peter. (2007). Supply Chain Management : Strategy, Planning and Operation. 3rd edition. Prentice Hall . Singapore.

Cahyaningsih, Wahyu Kartika, Eminugroho Ratna Sari dan Kuswari Hernawati Burhan. 2015. “Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem (Cvrp) Menggunakan Algoritma Sweep Untuk Optimasi Rute Distribusi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat”. Makalah Disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Basriati, Sri, Rio Sunarya. 2012. “Optimasi Distribusi Koran Menggunakan Metode Saving Matriks (Studi Kasus : PT. Riau Pos Intermedia)”. Disampaikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) pada 11 November 2015.

Toth, P., & Vigo, D. (2002). The Vehicle Routing Problem. Italy: University of Dgli Studi Di Bologna.

Supriyadi, Kholil Mawardi, Ahmad Nalhadi. 2017. “Minimasi Biaya Dalam Penentuan Rute Distribusi Produk Minuman Menggunakan Metode Savings Matrix”. Disampaikan dalam Seminar Nasional Institut Supply Chain dan Logistik Indonesia (ISLI), Departemen Teknik Industri Universitas Serang Raya pada 18 September 2017.

Yunitasari, Anggun. 2014. Optimalisasi Rute Pengangkutan Sampah Di Kabupaten Sleman Menggunakan Metode Saving Matrix. Skripsi (tidak diterbitkan) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-03-13