Masalah Transshipment untuk penentuan rute distribusi BBM di Kabupaten Klaten

Authors

  • Muhammad Ghani Fadhlurrahman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nikenasih Binatari Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.20

Keywords:

Masalah Transshipment, Excel Solver, LINGO, Rute BBM

Abstract

Pertamina Terminal BBM Boyolali MOR IV merupakan salah satu unit kegiatan pemasaran BBM di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang bertugas untuk mendistribusikan produk BBM yang dihasilkan ke SPBU tujuan. Hal terpenting dalam kegiatan pendistribusian BBM adalah ketepatan waktu distribusi dan biaya distribusi yang minimum. Faktor penentu dalam mendapatkan waktu dan biaya yang optimal, salah satunya dengan pemilihan atau penentuan rute distribusi yang tepat atau dengan biaya distribusi yang minimum. Pertamina perlu menentukan rute distribusi BBM yang tepat untuk meningkatkan pelayanan yang lebih berkualitas kepada konsumen. Penelitian ini membahas pendistribusian BBM dari depot ke SPBU di Kabupaten Klaten khusus permintaan BBM sebesar 16 kl. Tahapan penelitian ini diawali dengan membuat formulasi model masalah transshipment menggunakan metode masalah penugasan sebagai penyelesaiannya. Selanjutnya, formulasi model tersebut digunakan untuk menentukan distribusi BBM di Kabupaten Klaten dengan tiga kriteria yaitu rute dengan mobil tangki 16 kl, mobil tangki 32 kl, dan campuran mobil tangki 16 kl dan 32 kl. Untuk memudahkan perhitungan, digunakan Excel Solver dan LINGO sehingga solusi dapat ditentukan lebih cepat. Melalui tiga kriteria tersebut, akan dilihat rute dengan biaya distribusi yang minimum, baik dari Excel Solver maupun LINGO. Hasil penelitian pada masalah transshipment untuk penentuan rute distribusi BBM di Kabupaten Klaten yang diperoleh sebagai solusi adalah Rp178.759 dengan 3 unit mobil tangki 32 kl. Sedangkan untuk mobil tangki 16 kl yaitu sebanyak 6 unit , membutuhkan biaya sebesar Rp304.392. Untuk mobil tangki 16 kl dan 32 kl, membutuhkan biaya sebesar Rp249.369 dan Rp206.542.

References

Berry, J., & Houston, K. (2004). Mathematical Modeling (5th ed.). United Kingdom: Elsevier.

Eck, C., Garcke, H., & Knabner, P. (2017). Mathematical Modeling. Switzerland: Springer.

Eiselt, H., & Sandlom, C. (2012). Linear Programming and Its Application (2nd ed.). Germany: Springer.

Luenberg, D., & Ye, Y. (2016). Linear and Nonlinear Programming (4th ed.). USA: Springer.

Mardiani, S., Susanty, S., & Prassetyo, H. (2014). Penentuan Rute untuk Pendistribusian BBM menggunakan Algoritma Nearest Neighbour (Studi Kasus PT. X). Jurnal Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional, Bandung, 2338-5081.

Purwanto, A. (2014). Optimasi Rute Distribusi Petrol Station Replenishment Problem menggunakan Ant Colony Optimization (Studi Kasus di TBBM Rewulu). Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Siswanto. (2007). Operations Research Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Taha, H. (2009). Operations Research an Introduction (8th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Tamrin, A., & Marsudi. (2013). Kajian Rute Kendaraan Angkut Pendistribusian BBM menggunakan pendekatan Goal Programming. Jurnal Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.

Winston, W. (2003). Operations Research Applications and Algorithms (4th ed.). California: Duxbury Press.

Downloads

Published

2019-03-13