Optimalisasi jarak dan biaya transportasi distribusi obat PT Merapi Utama Pharma dengan Vehicle Routing Problem Metode Saving Matrix

Authors

  • Laily Nissa Atul Mualifah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dian Noviyanti Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.17

Keywords:

Obat, PT Merapi Utama Pharma, Vehicle Routing Problem, Saving Matrix

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan kebutuhan manusia semakin beraneka ragam, sehingga kegiatan ekonomi menjadi sangat kompleks. Distribusi memegang peranan penting dalam kegiatan ekonomi, yaitu proses penyaluran barang dari produsen ke konsumen. Pendistribusian memegang faktor penting dikarenakan tanpa adanya pola distribusi yang tepat, maka proses ini dapat memakan biaya yang tinggi dan mengakibatkan pemborosan dari segi waktu, jarak dan tenaga. Distribusi berkaitan erat dengan kegiatan transportasi yang memadai. Perlu adanya perencanaan dalam pendistribusian untuk setiap customer agar distribusi dapat berjalan efektif dan efisien. Penelitian ini akan membahas penentuan rute terpendek dalam pendistribusian obat di PT Merapi Utama Pharma sehingga biaya transportasi optimum. Metode yang digunakan adalah Vehicle Routing Problem dengan Saving Matrix. Penelitian ini menggunakan data dari PT Merapi Utama Pharma yang berlokasi di Jalan Magelang Km. 6,2 Sinduadi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Rute baru yang diperoleh dari penerapan metode Saving Matrix terdiri dari 2 rute, yang memiliki total jarak 124 Km dengan penghematan 21.3 Km atau 14.66%, dan total biaya transportasi sebesar Rp 87,294 dengan penghematan Rp 15,628 atau 15.18%.

References

Caric, Tonci, Hrvoje Gold. 2008. Vehicle Routing Problem. Croatia: In-Teh.

Erlina. 200 . Mengoptimalkan Biaya Transportasi Untuk Penentuan Jalur Distribusi Produk ‘ X ‘ Dengan Metode Saving Matriks. Jawa Timur: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Google. 2005. “Google Maps”. California: Google LLC. Diakses dari https://maps.google.com pada tanggal 25 Desember 2017.

Hartono, Sri Redjeki, dkk. 2000. Kapita Selekta Hukum Ekonomi. Bandung: Mandarmaju

Ikfan, Noer, Ilyas Masudin. 2013. Penentuan Rute Transportasi Terpendek untuk Meminimalkan Biaya Menggunakan Metode Saving Matriks. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kuspriatni, Lista. 2011. Pengantar Ekonomi 1. Jawa Barat: Universitas Gunadharma

Nurmawan. 2013. Kegiatan Ekonomi. Cirebon: SMA 1 Waled.

Pharma, PT Merapi Utama. 2014. “Vision and Mission”. Jakarta: PT Merapi Utama Pharma. Diakses dari http://www.merapi.net/ pada tanggal 24 Desember 2017.

Downloads

Published

2019-03-13