Penerapan aljabar linear pada transformasi Wavelet Diskrit dalam program aplikasi keamanan citra digital

Authors

  • Miftah Sigit Rahmawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rendra Soekarta Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.15

Keywords:

citra digital, wavelet, transformasi wavelet diskrit

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi atau bertukar data dan informasi satu sama lain. Pertukaran data dan informasi saat ini tidak hanya berupa teks, melainkan juga dapat berupa gambar, audio, dan video dan dapat disimpan secara digital.  Data dan informasi  yang dimiliki termasuk salah satu barang berharga yang perlu dijaga dan diamankan. Pada umumnya untuk melakukan pengkodean suatu citra, harus mengubah citra tersebut dari suatu domain ke domain yang lain, proses ini disebut transformasi. Metode yang banyak digunakan dalam transformasi ini antara lain Transformasi Cosinus Diskrit, Transformasi Fourier, dan transformasi Wavelet. Dari Ketiga jenis transformasi tersebut, transformasi Wavelet memberikan hasil yang paling baik, hal ini dikarenakan Wavelet memberikan informasi tentang kombinasi skala dan frekuensi serta membutuhkan memori yang kecil. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan basis Haar dengan sifat orthogonal dan orthogonal, serta ruang Hilbert dengan hasil kali dalam pada transformasi wavelet diskrit dalam program aplikasi keamanan citra digital.

References

Anton, Howard, “Aljabar Linear Elementer versi aplikasi/Howard Anton, Chris Rorres; alih bahasa, Rafina indriasari, Irzam Harmein”, Erlangga, Jakarta, Ed.8, 2004.

Darius, Ucuk. “Wafelet transform”. Jurnal Artificial, ICT Research Center UNAS, Vol.3, No.1. Januari 2009.

Gunawan,H.,” Analisis Fourier dan Wavelet (edisi revisi)”, ITB : Bandung, 2014.

Miftah S.R., Soekarta, R, “Teori grup pada algoritma DES dan transformasi wavelet diskrit dalam program aplikasi keamanan citra digital”, Jurnal Insect, Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sorong, Vol.4, No.1, Oktober 2018.

Sutarno, Analisis Perbandingan Transformasi Wavelet pada Pengenalan Citra Wajah. Jurnal Generik, Vol. 5, No.2, hal 15-21, Juli 2010.

Krisnawati., Transformasi Fourier dan Transformasi Wavelet pada Citra. Dasi. Vol 7. No 4, 2006.

Zaki, S., Program Aplikasi Keamanan citra dengan Algoritma DES dan Transformasi Wavelet Diskrit, Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, 2011

Olkonen. Juuso.,DISKRET WAVELET TRANSFORM-THEORY AND APPLICATIONS, InTech: Croatia, 2011

.

Downloads

Published

2019-03-13