Pemodelan produk Variable Annuity di industri asuransi jiwa

Authors

  • Agung Wicaksono PT Asuransi Jiwasraya (Persero)

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.14

Keywords:

Annuity, Variable Annuity, Asuransi Jiwa

Abstract

Secara umum, bisnis asuransi jiwa terbagi menjadi 3 lini bisnis yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan anuitas. Adapun yang akan dibahas lebih lanjut pada makalah ini adalah anuitas. Dilihat dari tingkat hasil investasinya anuitas dapat dibagi menjadi dua yaitu Certain Annuity (Anuitas Pasti) dan Variable Annuity (Anuitas Variabel). Menurut Kellison (2009:73), anuitas merupakan rangkaian pembayaran secara berkala dalam waktu tertentu, misalnya tahunan atau bulanan. Selain itu, anuitas juga bisa disebut sebagai program asuransi jiwa yang bertujuan memberikan kepastian adanya kesinambungan pendapatan bagi tertanggung/peserta ketika menjalani masa purna bhakti beserta keluarganya apabila tertanggung/peserta meninggal dunia. Besar manfaatnya umumnya sebesar nominal tertentu atau dihitung berdasarkan alokasi premi sekaligus, dan manfaatnya  dibayarkan secara berkala.

Pada makalah ini akan dibahas mengenai variable annuity. Menurut Runhuan Feng (2012:3), variable annuity merupakan anuitas yang menawarkan profit sharing dari dana investasi. Biaya-biaya yang timbul pada variable annuity tergantung pada subaccount pilihan pemegang polis. Setiap subaccount diinvestasikan dalam metode tertentu dengan tujuan investasi yang berbeda. Untuk melindungi investor dari risiko kerugian, perusahaan asuransi juga menjual produk yang bergaransi, yaitu Guaranteed Minimum Maturity Benefit (GMMB), Guaranteed Minimum Death Benefit (GMDB), dan Guaranteed Minimum Accumulation Benefit (GMAB).

Produk variable annuity diharapkan menjawab kebutuhan dari konsumen akan adanya kesinambungan penghasilan saat memasuki usia pensiun. Selain itu variable annuity juga diharapkan menjawab keresahan dari perusahaan asuransi jiwa akan besarnya risiko produk Certain Annuity.  

References

Runhuang Feng. “Analytical Calculation of Risk Measures for Variable Annuity Guaranteed Benefits”. University of Wisconsin – Milwaukee. 2012.

Gennady Falin. “Mathematics Of Finance And Investment”. Moscow State Lomonosov University. 2014.

Stephen G. Kellison. “The Theory Of Interest Third Edition”. The McGraw Hill Companies. 2009.

Morgan Stanley. “Understanding Variable Annuities”. Morgan Stanley Smith Barney LLC. 2018.

www.pusatdata.kontan.co.id/bungadeposito. diakses 13 Januari 2019 pukul 13.37 WIB.

Downloads

Published

2019-03-13