Pengembangan Game Edukasi Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Jaring-jaring Kubus

Authors

  • Yassina Emira Shahnaz Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nindi Tresnani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/pspmm.v3i0.126

Keywords:

smartphone, android, game edukasi, jaring-jaring kubus

Abstract

Peningkatan penggunaan smartphone dapat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, dimana sebanyak 50,89% siswa SMP merupakan pengguna aktif smartphone. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan penggunaan smartphone dikalangan siswa adalah dengan menggunakannya sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi matematika untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep materi jaring-jaring kubus. Penggunaan game edukasi sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membangkitkan rasa senang dan membantu memantapkan konsep yang dipelajari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Richey dan Klein yang terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Produk game edukasi matematika ini diuji validitasnya kepada 2 ahli materi dan 2 ahli media. Hasil dari penelitian ini berupa game edukasi matematika SUGUS(menyusun bangun kubus) yang dapat digunakan sebagai referensibelajar matematika di luar pembelajaran. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase 91,875%(sangat valid) serta validasi ahli media 77,72%(cukup valid). Kriteria ketercapaian kualitas game edukasi matematika ini adalah valid apabila memperoleh kategori cukup valid atau sangat valid dari penilaian ahli materi dan ahli media. Dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa game edukasi SUGUS telah dikatakan valid dan dapat digunakan sebagai media edukasi matematika kepada siswa pada materi jaring-jaring kubus.

References

Ramadhani, Ika Rizki, Irfan Fathurohman, dan Arsyad Much Fardani. “Efek penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak.” Jurnal Amal Pendidikan, 2020: 96-105.

Nasution, Jamilah Aini, Neviyarini S, dan Alizamar. “Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya.” JPPI(Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2017: 15-29.

Maknuni, Jauharil. “Pengaruh Media Belajar Smartphone terhadap Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19.” Indonesian Education Administration and Leadership Jpurnal(IDEAL), 2020: 94-106.

Basya, Yuhan Futri, Aulia Faqih Rifa'i, dan Nurul Arfinanti. “Pengembangan Mobile Apps Android sebagai Media Pembelajaran Matematika berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep.” Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika(JPPM), 2019: 1-9.

Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Dewi, Suci Zakiah, dan H. Tatang Ibrahim. “Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2019: 130-136.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Poses. Jakarta: Prenada Media Grup, 2010.

Lestari, Karunia Eka, dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Published

2021-05-08