Eksistensi Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Assabiq Yudhy Avanda, Salma Almira Wahyu Putri

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang wajib ditempuh untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembelajaran matematika di SMA menjadi pelajaran yang cukup sulit untuk beberapa siswa. Terdapat aplikasi di smartphone dalam menyelesaikan soal dalam matematika. Sehingga dengan aplikasi tersebut siswa tidak perlu menghitung soal yang sedang dihadapi, melainkan langsung menemukan jawaban dari soal yang akan dicari. Namun, tidak semua soal matematika dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi photomath dan jawaban yang ada tidak pasti lengkap dengan prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat eksistensi dari aplikasi photomath dalam proses pembelajaran matematika dan melihat dampak yang terjadi ketika soal matematika hanya diselesaikan dengan menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah 59 siswa di beberapa sekolah dari SMA Negeri 9 Yogyakarta, SMA Negeri 10 Yogyakarta, SMA Negeri 11 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah Wonosobo, SMA, Singapore International School Semarang, dan SMA Santa Aloysius 1 Bandung. Data dikumpulkan dengan angket yang berisi tentang survei penggunaan aplikasi photomath pada pembelajaran matematika di SMA. Analisis data dilakukan dengan Bogdan & Biklen, dengan langkah reduksi, klasifikasi dengan mencari hubungan antara tema, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,8 % siswa sudah mengetahui aplikasi photomath, 66,1 % telah menggunakan aplikasi photomath, 79,7 % siswa mengatakan bahwa aplikasi photomath tidak mengganggu proses pembelajaran matematika dan rata-rata menganggap aplikasi ini sebagai aplikasi yang biasa saja. Aplikasi photomath ini juga membantu bagi sebagian besar siswa, namun juga memberikan dampak negatif seperti malas berpikir dan hanya mengandalkan photomath dalam menyelesaikan soal matematika tanpa menghitung dengan manual.

Keywords


Aplikasi Photomath, Eksistensi, Pembelajaran Matematika, Siswa SMA

References


Reys, R., Linquist, M.M., Lambdin, D.V., dan Smith, N. L., “Helping children learn mathematics,” New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc, 2012.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), “Principles and standards for school mathematics,” Reston: NCTM, 2000.

Chuzimah, Mabruroh, dan Feresthi, “Smartphone: antara kebutuhan dan e-lifestyle,” Yogyakarta: UPN “Veteran” Yogyakarta, 2010.

Istiyanto, J. E., “Pemrograman smarphtone menggunakan SDK android dan hacking android,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Irwan, A., “Photomath ~ aplikasi canggih untuk selesaikan soal matematika,” Diakses dari https://www.maxmanroe.com/photomath-aplikasi-canggih-untuk-selesaikan-soal-matematika.html pada tanggal 5 Januari 2020.

Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K., “Qualitative research for education: an introduction to theory and methods,” Boston, MA: Allyn and Bacon, Inc, 1982.

Nugroho, A. A. dan Purwati, H., “Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific,” Jurnal Euclid, Vol 2 no 1: Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang, pp 174, 2015.

Sulistyaniingsih, E., “Analisis pemanfaatan smartphone dalam mendukung proses belajar matematika mahasiswa program studi pendidikan matematika (S1) UNY,” Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 2015.

Jalam, F., “Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan,” Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), Vol 1 no 1, pp 18-36, Maret-April 2014.

Wan, R., “Pengaruh aplikasi pintar “photomath” terhadap kegiatan belajar,” Diakses dari https://www.kompasiana.com/galihakbar/59a1fbd39648907c6a1f4cf3/pengaruh-aplikasi-pintar-photomath-terhadap-kegiatan-belajar-pelajar# pada tanggal 5 Januari 2020.




DOI: https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosiding.himatikauny.org/index.php/prosidinglsm.

Prosiding LSM Stats